Cara Merawat Paru-paru Supaya Tetap Sehat 

Papu-paru yang menjadi organ penting di dalam tubuh haruslah kamu rawat dengan baik. Paru-paru haruslah kamu jaga dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Agar paru-paru bisa berfungsi dengan baik dan tidak terjadi penyakit. Berikut ini adalah 6 cara merawat paru-paru supaya tetap sehat. Simak penjelasannya dengan baik dan seksama ya.

Pertama, kamu bisa dengan belajar cara bernafas dengan baik. Lantas untuk mengetahui bagaimana cara bernafas dengan baik dan benar diperlukan sangat. Apalagi yang sedang teruma bagi kamu yang sedang mengalami gangguan pernafasan. Tentu kamu bisa mempelajarinya dari orang yang lebih ahli seperti dokter.

Kedua, minumlah air putih secukupnya. Dengan air putih adalah obat dari segala penyakit di dalam tubuh kamu. Air putih mengandung oksigen yang akan membuat paru-paru kamu akan bekerja lebih optimal. Bahkan air putih akan banyak menyegarkan tenggorokan kamu. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan segala kotoran yang terdapat di paru-paru.

Ketiga, kamu bisa dengan melakukan olahraga rutin. Dengan ini kamu bisa melatih pernafasan dan juga bisa mengencangkan otot-otot pernafasan. Inilah yang bisa membuat bernafas dengan baik. Tentunya kamu tidaklah harus melakukan olahraga yang berat. Yang perlu diperhatikan, kamu juga bisa dengan melakukan olahraga rutin ringan.

Keempat, kamu bisa dengan makan makanan sehat yang mengandung antioksidan seperti jeruk. Dengan ini dapat menyehatkan paru-paru kamu secara baik. Usahakan kamu untuk tidak memakan makanan yang banyak mengandung lemak apalagi lemak jenuh.

Kelima, kamu harus menghindari perilaku merokok dan tempat yang berasap. Karena bagi perokok aktif, tentunya bukan menjadi hal baru bahwa dirinya akan beresiko tinggi terkena penyakit paru-paru. Namun bagi kamu perokok pasif yang menghirup asap rokok juga memiliki resiko. Yang perlu diketahui bahkan lebih besar terkena penyakit paru-paru. Polusi juga bisa menyebabkan kerja paru-paru berat bahkan terserang sakit paru-paru.

Keenam yang harus kamu lakukan dengan menjaga ideal tubuh. Kelebihan berat badan atau obesitas memanglah dapat memicu timbulnya berbagai penyakit jantung dan paru-paru. Badan kamu yang telalu gemuk dapat membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat. Hal ini karena orang gemuk membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Jadi sudah sebaiknya kamu harus menjaga berat badan supaya lebih ideal. Maka kamu akan bisa lebih sehat dan terhindari dari berbagai jenis penyakit.

Nah berikut itu merupakan tips untuk menjaga kesehatan paru – paru. Sehat itu penting ya. Ingat di dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat. Lebih baik kita mencegah penyakit daripada kita mengobati penyakit. Keep smile, jangan lupa untuk jaga kesehatanmu yaa..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANTARIKSA MENURUT AL-QUR'AN

Asuransi Takaful

Memilih Makanan Rendah Kolesterol